Bagaimana Cara Mengetahui UGG Asli Dan Palsu?

Sharing is caring!

 

Salah satu brand fashion ternama, adalah UGG. Brand tersebut mengkhususkan diri untuk membuat sepatu berjenis boot, dengan bahan utama dari kulit domba. Desainnya sendiri sangat menarik, sehingga digadang-gadang sebagai salah satu jenis boot yang takkan lekang oleh waktu.

UGG sendiri berasal dari Australia dan New Zealand, dengan pangsa pasar yang sudah menembus berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Karena harganya yang sangat mahal, tak heran jika banyak pihak oportunis yang memalsukan UGG.

 

Cara Mudah Mengenali UGG Palsu

Untungnya, sebagai brand kelas dunia, UGG tetap memiliki ciri khas yang sulit untuk ditiru. Secanggih atau semirip apapun UGG asli dengan yang palsu, Anda tetap akan tahu perbedaannya.

Berikut ini adalah beberapa ciri perbedaan UGG asli dan palsu:

 

  1. Label Keaslian

UGG menerapkan sebuah fitur pada label dan kemasannya. Fitur tersebut untuk memudahkan konsumen mengenali produk yang asli. Sejak tahun 2010, UGG menggunakan stiker hologram dengan logo matahari. Stiker tersebut akan berubah warna ketika dilihat dari sudut berbeda.

Beberapa produk ada juga yang tidak dilengkapi dengan stiker hologram. Sebagai gantinya, ada kode khusus yang bisa Anda scan, guna mengetahui keaslian produknya. QR code tersebut bisa ditemukan pada label di sepatu bagian kiri.

 

  1. Negara Pembuat

Percaya atau tidak, jika Anda menemukan UGG yang bertuliskan ‘Made in Australia’, bisa dipastikan produk tersebut palsu. Meski berasal dari Australia, UGG diproduksi di pabrik Deckers Outdoors Corporation yang berada di China, Vietnam, Filipina, Kamboja, Republik Dominika, dan Amerika Serikat.

UGG keluaran pabrik dari beberapa negara tersebut, bisa dipastikan keasliannya.

 

  1. Kotak Sepatu

Sebagai brand kelas atas, tentunya UGG juga memperhatikan kualitas kotak pembungkusnya. Shoe Box milik UGG terbuat dari bahan yang kuat, sehingga tak akan reyot ketika sampai di tangan Anda.

Di dalam box itu, sepatu UGG asli juga dibungkus dengan material plastik tebal dengan logo UGG yang tercetak jelas. Sedangkan yang palsu, bahan plastiknya sangat murahan dan tak ada tanda-tanda branding apa pun.

 

  1. Kualitas Sepatu

Bagian luar UGG memang menampilkan bahan suede. Tetapi di bagian dalam, Anda bisa menemukan bahan bulu domba. UGG asli tentu mengunakan kulit domba berkualitas, sehingga bulu-bulu yang terdapat pada sepatu akan lembut dan terasa penuh ketika diraba.

Sementara UGG palsu, kualitas bulu sedikit kurang meyakinkan, karena terasa seperti material plastik. Warna bulunya pun tidak cerah, melainkan cenderung keabu-abuan.

Trik sederhana lainnya adalah, bulu UGG palsu lebih mudah rontok, bahkan hanya dengan sentuhan kecil.

Anda pun bisa mengendus bau pada sepatu UGG. Yang asli tak akan mengeluarkan bau apa pun. Sementara yang palsu akan tercium bau karet sintetis, bercampur dengan aroma lem sepatu yang khas.

Hal terakhir adalah, kualitas jahitan secara umum. Sepatu yang asli pastinya memiliki standar yang tinggi, sehingga setiap jahitan akan terlihat rapi. Tidak seperti sepatu palsu, dengan beberapa bagian jahitan yang nampak longgar.

 

  1. Ukuran Sepatu

Bagi penggemar UGG, pasti akan terasa lebih kecil dari ukuran sepatu asli mereka. Sebab, seiring pemakaiannya, UGG akan melar mengikuti ukuran kaki yang sebenarnya. Jika Anda mencoba mengenakan UGG baru sesuai dengan nomor kaki Anda, dan terasa nyaman, bisa dipastikan sepatu tersebut adalah palsu.

Selain itu, ukuran pada leher sepatu asli juga akan lebih lebar. Dengan mudah Anda bisa menyelipkan bagian bawah celana ke dalam sepatu. Sedangkan pada sepatu palsu, bagian leher cenderung menyempit.

Nah, demikianlah 5 hal mudah untuk membedakan sepatu UGG asli dengan yang palsu. Kini, Anda akan semakin yakin ketika membeli sepatu UGG di luar toko atau distributor resminya. Sebab, UGG juga sudah bisa didapatkan secara online dari berbagai negara.

Share

You may also like...